Prediksi trafik Ramadan naik 20%, XL Axiata optimalkan jaringan

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 22 Apr 2020 18:29 WIB

Mengingat periode Ramadan juga menjadi momen dimana trafik operator seluler meningkat, maka XL Axiata memprediksi peningkatan trafik saat Ramadan hingga 20%.

Source: Tek.id

Bulan Ramadan tahun ini akan segera tiba. Meski sudah menjadi agenda tahunan umat Islam, Ramadan tahun ini akan terasa berbeda karena pandemi corona atau Covid-19. Kebijakan pemerintah agar masyarakat bekerja, sekolah dan beribadah di rumah akan membuat aktivitas terpusat di rumah masing-masing.

Kondisi itu berdampak pada peningkatan trafik operator seluler. XL Axiata mencatat peningkatan trafik selama kebijakan bekerja di rumah atau work from home (WFH) meningkat 15% - 18%. Mengingat periode Ramadan juga menjadi momen dimana trafik operator seluler meningkat, maka XL Axiata memprediksi peningkatan trafik saat Ramadan hingga 20%.

"Di awal WFH kita sudah kasih update tentang kenaikan trafik. Kenaikan rata2-rata 15% dari minggu ke minggu di minggu pertama (WFH), dua dan tiga. Kenaikan trafik (Ramadan) yang kita prediksi 15-20%," kata Plt Chief Techology Officer XL Axiata - I Gede Darmayusa melalui telekonferensi (22/4).

Peningkatan tersebut diprediksi terjadi karena meningkatnya penggunaan platform digital baik untuk berkomunikasi, menunjang pekerjaan atau bahkan sekedar mencari hiburan secara streaming. I Gede bahkan memprediksi aplikasi video call seperti yang ditawarkan WhatsApp akan meningkat penggunaannya selama Ramadan hingga Idul Fitri.

Layanan lainnya yang diprediksi meningkat penggunaannya adalah aplikasi pesan instan dan media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan Line. Gim mobile dan layanan streaming pun tak luput berkontribusi meningkatkan trafik XL Axiata mengingat kebutuhan hiburan bagi masyarakat yang semakin tinggi.