Tokopedia pakai AI untuk cegah penipuan

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 11 Mar 2020 10:59 WIB

Tokopedia mengungkapkan pihaknya memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI untuk mencegah terjadinya penipuan di platform-nya.

Tokopedia menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan artificial intelligence dalam platform buatannya. AI ini digunakan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna melalui tingkat personalisasi yang tinggi, prediksi yang lebih cerdas dan rekomendasi yang lebih baik. 

Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Lead Tokopedia mengatakan bahwa pemanfaatan AI di perusahaannya itu berangkat dari pertanyaan bagaimana AI dapat menyelesaikan masalah konsumen, baik dari seller, buyer, partner maupun karyawan Tokopedia sendiri. Tidak hanya itu, data juga menjadi hal yang penting. Pasalnya tanpa data yang tertata baik, Ekhel menyebut bahwa implementasi AI tidak akan bisa memberikan prediksi atau otomasi yang lebih baik. 

“Konsolidasi data menjadi hal yang penting agar implementasi AI bisa di-deploy lintas divisi, lintas platform, lintas fungsi. Dan yang jadi fokus adalah pemanfaatan AI yang tepat guna,” kata Ekhel. 

Dalam rangka pemanfaatan AI tersebut, Tokopedia sendiri sudah menggunakannya di sektor pencarian, prediksi permintaan terhadap suatu barang hingga peningkatan customer care dengan menggunakan chatbot

Berbekal AI, hasil pencarian di Tokopedia, sebagaimana yang ditampilkan Ekhel, menjadi lebih bersih, sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Sementara itu, Tokopedia juga memberikan prediksi pada seberapa tinggi permintaan terhadap suatu barang di lokasi tertentu.