Tips memilih earphone TWS

Oleh: Erlanmart - Jumat, 28 Feb 2020 17:05 WIB

Banyak brand menawarkan eaphone TWS seperti Sony, Jabra, Panasonic, Audio-Technica, Huawei, dan masih banyak lagi lainnya. Jika kamu bingung memilih earphone TWS, berikut tips untuk memilih earphone TWS.

Mendengarkan musik menjadi hobi siapa saja. Untuk menambah pengalaman ketika mendengarkan musik, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan earphone. Selain membuat suasana lebih personal, kualitas suara dari earphone lebih mewakilkan karakter musik yang lebih baik ketimbang mengandalkan speaker eksternalnya.

Dengan kemajuan zaman yang semakin mutakhir, kini hadir earphone bertipe TWS atau true wireless stereo. Earphone jenis ini hanya hadir dengan sepasang drive unit tanpa ada kabel apapun. Biasanya TWS hadir dengan charging case yang berfungsi pula untuk proses pairing dan media pengisian daya. Bisa dibilang popularitas earphone TWS dimulai dari hadirnya Apple Airpods yang meluncur pada 2016 lalu.

Setelah beberapa tahun kemudian, banyak pabrikan yang menawarkan eaphone TWS. Beberapa pabrikan yang telah memproduksi earphone TWS adalah Sony, Jabra, Panasonic, Audio-Technica, Huawei, dan masih banyak lagi yang lain. Jika kamu sedang bingung memilih earphone TWS, berikut tips untuk memilihnya.

1. Respon frekuensi

Respon frekuensi adalah kemampuan driver untuk menghasilkan frekuensi di rentang tertentu. Frekuensi suara yang dapat didengar oleh manusia adalah 20 Hz hingga 20.000 kHz. Jika kamu memilih performa suara yang lebih baik, pilihlah earphone yang mendukung rentang frekuensi tersebut (biasanya tertera di label spesifikasi).