TikTok sensor video yang menyangkut pemerintahan Tiongkok

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 26 Sep 2019 14:38 WIB

TikTok menarik banyak video yang menyinggung pemerintah Tiongkok, seperti kejadian pembantaian Lapangan Tiananmen 1989 silam.

Sebuah rahasia dari TikTok baru saja mencuat. Perusahaan tersebut dikabarkan pernah berencana membawa kebijakan mereka yang berlaku di Tiongkok ke pasar internasional. Hal ini terungkap melalui sebuah dokumen yang bocor beberapa waktu lalu.

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa TikTok mewajibkan para moderator mereka untuk mencatat konten yang sensitif terhadap pemerintah Tiongkok. Salah satunya yang berkaitan dengan pembantaian Lapangan Tiananmen 1989 silam.

Perusahaan tersebut mendaftarkan kejadian Lapangan Tiananmen bersama "insiden" lainnya seperti kerusuhan 1998 di Indonesia dan genosida Kamboja sebagai topik yang tidak bisa dibicarakan.

Dalam kasus lain, perusahaan asal Tiongkok tersebut berusaha menyensor penggunanya dengan membuat topik “China” dapat diterima. Misalnya, satu set pedoman mencantumkan pemimpin dunia spesifik yang tidak dapat disebutkan oleh pengguna TikTok, seperti dikutip dari laman Engadget (26/9/2019).

Jika pengguna masih menayangkan konten tersebut, pihak TikTok akan membatasi visibilitas posting. Perusahaan tidak akan langsung menghapus posting tersebut, tetapi juga tidak akan membiarkannya diambil oleh algoritmanya.