Terinspirasi Airbnb, Cumi.id jajakan berbagai barang sewaan

Oleh: Lely Maulida - Senin, 14 Mei 2018 16:59 WIB

Cumi.id merupakan marketplace besutan Christian Sugiono yang menyediakan berbagai barang yang bisa disewa oleh pengguna

(Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Menjadi seorang publik figur rupanya tak membuat Christian Sugiono hanya berfokus pada profesinya. Dia juga melihat peluang di dunia bisnis berbasis aplikasi. Menambah jajaran bisnisnya, kini Christian Sugiono juga merilis platform pinjam meminjam barang bertajuk Cumi.id.

Cumi.id merupakan marketplace yang menyediakan berbagai barang yang bisa disewa oleh pengguna. Dijelaskan Christian, Cumi.id terinspirasi dari layanan Airbnb yang menurutnya sangat berguna bagi pengguna yang mencari akomodasi dengan harga terjangkau. Disisi lain, pemilik hunian pun memiliki manfaat dari layanan Airbnb.

Serupa dengan Airbnb, Cumi.id juga mempertemukan penyewa dengan vendor penyedia barang sewaan untuk saling mendapatkan manfaat. Christian menyebut bahwa gaya hidup orang saat ini banyak yang hanya ingin merasakan pengalaman sebuah produk tanpa harus membelinya atau disebut sharing economy. Alhasil, celah tersebut menurut Christian memiliki peluang besar untuk dikembangkan.

"Awalnya terinspirasi Airbnb yang sangat berguna. Rasa keinginan untuk punya barang sekarang juga sudah berubah. Sekarang pengen mobil kita nggak harus punya mobil, kita bisa nyewa. Dari situ kita lihat bahwa banyak barang yang bisa disewa. Dan dari situ kita mikir untuk membuat platform yang menyediakan barang untuk bisa disewa," kata Christian usai peluncuran Cumi.id di Jakarta (14/5).

Cumi.id untuk saat ini telah memiliki ribuan barang serta ratusan mitra atau vendor penyedia barang. Melalui aplikasi yang kini telah tersedia di Play Store, pengguna tak hanya bisa menjadi penyewa namun juga bisa menjadi vendor yang menawarkan barang sewaan tanpa aplikasi yang terpisah.