Terinspirasi Airbnb, Cumi.id jajakan berbagai barang sewaan

Cumi.id merupakan marketplace besutan Christian Sugiono yang menyediakan berbagai barang yang bisa disewa oleh pengguna

Terinspirasi Airbnb, Cumi.id jajakan berbagai barang sewaan (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Menjadi seorang publik figur rupanya tak membuat Christian Sugiono hanya berfokus pada profesinya. Dia juga melihat peluang di dunia bisnis berbasis aplikasi. Menambah jajaran bisnisnya, kini Christian Sugiono juga merilis platform pinjam meminjam barang bertajuk Cumi.id.

Cumi.id merupakan marketplace yang menyediakan berbagai barang yang bisa disewa oleh pengguna. Dijelaskan Christian, Cumi.id terinspirasi dari layanan Airbnb yang menurutnya sangat berguna bagi pengguna yang mencari akomodasi dengan harga terjangkau. Disisi lain, pemilik hunian pun memiliki manfaat dari layanan Airbnb.


BACA JUGA

Pemerintah Inggris selidiki Tik Tok karena konten berbahaya

L-Flood, aplikasi peringatan banjir besutan developer Bojonegoro

Unik, smartphone kini bisa diasuransikan pakai Igloo


Serupa dengan Airbnb, Cumi.id juga mempertemukan penyewa dengan vendor penyedia barang sewaan untuk saling mendapatkan manfaat. Christian menyebut bahwa gaya hidup orang saat ini banyak yang hanya ingin merasakan pengalaman sebuah produk tanpa harus membelinya atau disebut sharing economy. Alhasil, celah tersebut menurut Christian memiliki peluang besar untuk dikembangkan.

"Awalnya terinspirasi Airbnb yang sangat berguna. Rasa keinginan untuk punya barang sekarang juga sudah berubah. Sekarang pengen mobil kita nggak harus punya mobil, kita bisa nyewa. Dari situ kita lihat bahwa banyak barang yang bisa disewa. Dan dari situ kita mikir untuk membuat platform yang menyediakan barang untuk bisa disewa," kata Christian usai peluncuran Cumi.id di Jakarta (14/5).

Cumi.id untuk saat ini telah memiliki ribuan barang serta ratusan mitra atau vendor penyedia barang. Melalui aplikasi yang kini telah tersedia di Play Store, pengguna tak hanya bisa menjadi penyewa namun juga bisa menjadi vendor yang menawarkan barang sewaan tanpa aplikasi yang terpisah.

Fitur yang diunggulkan oleh Cumi.id yaitu fitur near by dimana pengguna bisa mendapatkan barang sewaan dari lokasi terdekat yang bisa dijangkau. Fitur ini akan mempermudah pengguna khususnya mereka yang membutuhkan barang dalam waktu yang cukup singkat.

"Ada fitur near by yang akan mendeteksi barang yang bisa dipinjam dengan radius maksimal 15 kilometer. Misalnya ketika jalan-jalan ke Bali kita butuh stroller untuk anak," ujar Christian.

Fitur lainnya yang diutamakan yaitu persetujuan kondisi. Sebagaimana diketahui, pinjam meminjam atau sewa barang tak luput dari risiko kerusakan. Guna meminimalisir dampak yang tak diinginkan, Cumi.id menyediakan fitur khusus persetujuan kondisi dimana penyewa menjelaskan kondisi barang sedetil mungkin, termasuk jika ada kerusakan pada barang sebelum disewakan.

Dengan begitu, penyewa bisa memilih untuk bersedia atau tidak meminjam produk tersebut tanpa mendapati barang sewaan yang rusak. Selain itu, pengguna juga terbebas dari tuduhan kerusakan yang mungkin dituduhkan kepadanya.

Terkait pembayaran, pengguna bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank. Namun Christian menyebut pihaknya akan terus mengembangkan metode lain termasuk kartu kredit hingga fintech lainnya. Guna menjaga kredibilitas layanan, biaya sewa yang dibebankan akan ditahan kepada pihak Cumi.id hingga vendor mendapat konfirmasi barang sewaannya telah diterima.

Sementara untuk distribusi barang, Cumi.id menyerahkan mekanismenya kepada sang vendor penyedia barang. Untuk saat ini, Cumi.id telah tersedia di Play Store dan versi website. Christian menyebut aplikasinya itu akan tersedia di Apps Store setidaknya satu bulan yang akan datang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: