Telkomsel optimalkan jaringan di RAFI 2021

Oleh: Lely Maulida - Senin, 12 Apr 2021 20:10 WIB

Sebagaimana tahun lalu dimana pandemi melanda, pada momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1442 H ini Telkomsel mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband.

Menyambut Ramadan tahun ini, Telkomsel melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kualitas jaringan dan layanan dapat digunakan dengan optimal oleh pengguna. Dalam praktiknya, Telkomsel melakukan pengamanan dan pemantuan operasional jaringan khususnya layanan broadband yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan di berbagai saluran digital.

Sebagaimana tahun lalu dimana pandemi melanda, pada momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1442 H ini Telkomsel mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband untuk konektivitas digital. Fasilitas ini akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

“Di momen yang baik ini, Telkomsel sebagai digital connectivity enabler berkomitmen untuk menghadirkan layanan bernilai tambah yang diharapkan dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk terus terhubung bersama orang-orang terdekat dan tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi melalui pemanfaatan akses teknologi digital terdepan dari Telkomsel. Hal tersebut kami upayakan melalui rangkaian upaya pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan yang difokuskan dilakukan mendampingi masyarakat dalam menjalani Ramadan dan Idulfitri tanpa kehilangan esensinya, di tengah masa pandemi yang masih berlangsung," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan Telkomsel akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 255 area residensial, 21 rumah sakit rujukan COVID-19, 43 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 196 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta 7 rumah ibadah besar. 

Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021. Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54%, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14% dan 2,95%. Proyeksi tersebut terutama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan dan pengalaman lebih dalam menjalani aktivitas sehari-hari di tengah pandemi.