START SUMMIT Tokopedia ungkap infrastruktur SRE dan Multi Cloud Tokopedia

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 28 Jul 2020 14:41 WIB

Dibalik mudahnya menggunakan aplikasi Tokopedia, ada sejumlah orang yang berjibaku membangun sistemnya. Merekalah System Administrator dan Software Engineer.

Tokopedia kembali menggelar konferensi START Summit Extension 2020. Seperti bulan lalu, konferensi ini kembali digelar secara online di Tokopedia Play dan Live YouTube. Diselenggarakan rutin setiap bulan, kali ini Tokopedia menyajikan tema “SysAdmin Day: The Fantastic Heroes of All Things Tech”. Sesuai temanya, konferensi kali ini membahas peran System Administrator di Tokopedia. 

Ada dua tema yang dibicarakan, yakni Managing Infrastructure with an SRE Mindset dan How Tokopedia Works with a Multi Cloud Networks. Masing-masing tema menghadirkan dua pembicara. 

Pada sesi pertama, Prima Adi dan Bayu Rizky, keduanya merupakan Senior Software Engineer membagikan pengalaman mereka tentang bagaimana awalnya Tokopedia mengelola infrastruktur secara manual. Kala itu pengelolaan masih mengandalkan intervensi manusia, misalnya untuk melakukan proses permintaan new instance dan membuat pipelines. Kemudian uji coba dilakukan bersama software engineer. 

Prima Adi juga menjelaskan bagaimana Tokopedia mengadopsi sistem otomasi dengan meberapkan beberapa tools, seperti GitOps, VM Autoscale, Kubernet Deployment dan Canary Manager. Sistem otomasi diperlukan karena kebutuhan SRE Di Tokopedia semakin hari semakin meningkat. 

Case kita ada karena skala Tokopedia sudah memerlukan untuk melakukan hal-hal tersebut. Semakin besar skalanya, pasti semakin tinggi kebutuhan untuk menerapkan automation. Jadi, jangan pernah ragu untuk meng-otomasi sesuatu jika memang di rasa perlu,” kata Bayu di akhir pemaparan mengenai SRE.