Spotify akan dapat rekomendasikan lagu sesuai mood pengguna

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 29 Jan 2021 12:14 WIB

Paten Spotify mengungkapkan algoritma yang dapat merekomendasikan musik atau podcast berdasarkan mood pengguna.

Source: Pexels

Raksasa streaming musik Spotify baru-baru ini mengeluarkan paten untuk teknologi baru yang memungkinkan sistem menganalisis data suara pengguna, untuk rekomendasi musik yang menyesuaikan mood pengguna.

Dilaporkan oleh TechRadar (29/1), paten ini pertama kali didaftarkan pada Februari 2018, dan baru disetujui pada Januari 2021. Pengajuan tersebut menyatakan niat Spotify dalam menggunakan pengenalan audio untuk mengidentifikasi ciri-ciri, seperti keadaan emosional, jenis kelamin, usia, atau aksen pembicara. Setelah diidentifikasi, aplikasi ini akan merekomendasikan konten berdasarkan hal-hal tersebut.

Bagi Spotify, ini bukan pertama kali perusahaannya berinovasi dalam fitur personalisasi yang sangat pribadi. Sebelumnya, perusahaan juga mengajukan paten terkait penyesuaian pengalaman pengguna berdasarkan ciri kepribadian mereka.

Kedua paten tersebut sama-sama bertujuan untuk menargetkan pengguna dengan konten yang lebih relevan dan sesuai, baik itu musik, podcast, atau bahkan iklan. Perusahaan telah terkenal dengan algortima yang menyarankan konten audio berdasarkan riwayat konten pengguna. Jadi, tidak mengherankan apabila Spotify ingin menambahkan metrik lain untuk meningkatkan kemampuan dan akurasinya.

Privasi vs personalisasi