Selebgram jadi target penjahat siber bermodus phising

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 20 Mar 2019 13:50 WIB

Ternyata akun selebgram atau influencer Instagram turut menjadi target penjahat siber lewat modus phising.

(Foto: Pexels)

Memiliki pengikut di Instagram dengan jumlah besar, mungkin menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian kalangan. Betapa tidak, jumlah pengikut di Instagram yang banyak, bisa dimonetisasi.

Namun di sisi lain, rupanya akun tersebut menjadi target penjahat siber. "Skema phishing baru yang menargetkan akun populer di Instagram kini sedang mendapatkan momentumnya," demikian keterangan Kaspersky Lab.

Cara kerja pelau phishing ini adalah, pemilik akun akan mendapatkan notifikasi pelanggaran hak cipta. "Akun Anda dihapus secara permanen karena pelanggaran hak cipta," begitu keterangan notifikasi di email selebgram, tanpa terlihat sebagai pemberitahuan palsu.

Pemberitahuan itu memiliki judul dan logo Instagram seperti biasa, serta alamat email pada kolom "From". Alamatnya hampir menyerupai email resmi Instagram. Dalam beberapa kasus kebanyakan alamat yang tercantum seperti mail@theinstagram.team atau info@theinstagram.team. 

Email itu mengklaim bahwa pengguna hanya memiliki tenggat waktu 24-48 jam, untuk mempertimbangkan dan menghadirkan tombol "Review Complaint". Ketika diklik, pengguna akan menuju halaman phising yang tampak meyakinkan. Penjahat siber memasang gambar yang menyatakan mereka sangat peduli tentang perlindungan hak cipta.