Sekarang bisa kirim pesan Telegram tanpa suara

Oleh: Hieronimus Patardo - Senin, 12 Agst 2019 18:44 WIB

Update aplikasi Telegram menawarkan sejumlah fitur baru bagi para penggunanya. Setidaknya ada dua fitur utama yang mereka tawarkan yakni, Slow Mode dan kemampuan untuk mengirim pesan tanpa suara.

Source: Telegram

Telegram kini hadir dengan sejumlah fitur yang dapat mengurangi jumlah notifikasi. Dengan berkurangnya notifikasi, hal ini bisa mengurangi gangguan untuk para pengguna Telegram. Setidaknya ada dua fitur utama yang ditawarkan Telegram, yakni kemampuan untuk mengirim pesan tanpa notifikasi dan “Mode Lambat” untuk percakapan dalam grup. 

Dilansir dari TheVerge (12/8), fitur pertama memungkinkan pengguna pesan ke penerima tanpa mengeluarkan suara notifikasi. Namun pesan ini masih akan memunculkan gelembung notifikasi di aplikasi Telegram, tetapi tidak disertai dengan suara. Kendati ponsel penerima tidak dalam mode diam, pesan tersebut tetap tidak akan menimbulkan suara notifikasi.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, sebelum mengirim pesan pengguna harus menahan tombol kirim di aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul opsi “kirim tanpa suara”. Pilih opsi tersebut untuk mengirim pesan tanpa suara notifikasi. 

Fitur kedua akan berlaku dalam percakapan grup. Fitur ini hanya dapat diaktifkan oleh admin grup saja. Ketika mengaktifkan fitur ini, admin grup dapat membatasi berapa banyak pesan yang dapat dikirim oleh peserta grup. Sang admin memiliki opsi untuk membatasi jumlah pesan yang dapat dikirim orang antara satu setiap 30 detik atau bahkan dalam hitungan jam.