Sambut Ramadan, Blibli ungkap tren dan bagikan promo menarik

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 07 Apr 2021 16:10 WIB

Berdasarkan riset iPrice dan data Blibli, terjadi perubahan perilaku pengguna ecommerce di bulan Ramadan.

Source: Tek.id

Ramadan selalu menjadi momen yang paling dinanti umat Muslim di Indonesia. Tahun ini, merupakan kali kedua bulan Ramadan dilaksanakan di tengah pandemi. Ini juga menunjukkan, perilaku masyarakat semakin terbentuk untuk tren belanja online dalam memenuhi kebutuhan selama bulan suci dan menjelang lebaran.

Berdasarkan data dari tren belanja online di ecommerce BliBli pada Ramadan 2020, meskipun masyarakat  dihadapkan keterpurukan ekonomi karena pandemi, daily order di platform tersebut mengalami peningkatan sebanyak 2x lipat. Adapun deretan produk yang paling banyak dibeli terdiri dari kategori makanan dan minuman, smartphone, suplemen kesehatan, dan fesyen.

Data di atas juga diperkuat oleh riset dari iPrice, yang melihat peningkatan trafik online pada jam 5 pagi sebesar 345%. Menurut Senior Content Marketing iPrice Group Dea Vivin Devita, ini merupakan salah satu perubahan perilaku masyarakat di ecommerce yang terjadi selama Ramadan. 

“Bagi (ecommerce atau pelaku UMKM) yang ingin menyebar promo atau push up notification, mungkin bisa dijadikan salah satu patokan, jam 4.30 sampai jam 5 (pagi) itu kalau bisa kita sudah siap dengan promo-promo yang clickable. Karena sekitar jam itu trafic online-nya meningkat,” kata Dea.

Rencana Blibli sambut Ramadan