sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Rabu, 07 Apr 2021 16:10 WIB

Sambut Ramadan, Blibli ungkap tren dan bagikan promo menarik

Berdasarkan riset iPrice dan data Blibli, terjadi perubahan perilaku pengguna ecommerce di bulan Ramadan.

Sambut Ramadan, Blibli ungkap tren dan bagikan promo menarik
Source: Tek.id

Ramadan selalu menjadi momen yang paling dinanti umat Muslim di Indonesia. Tahun ini, merupakan kali kedua bulan Ramadan dilaksanakan di tengah pandemi. Ini juga menunjukkan, perilaku masyarakat semakin terbentuk untuk tren belanja online dalam memenuhi kebutuhan selama bulan suci dan menjelang lebaran.

Berdasarkan data dari tren belanja online di ecommerce BliBli pada Ramadan 2020, meskipun masyarakat  dihadapkan keterpurukan ekonomi karena pandemi, daily order di platform tersebut mengalami peningkatan sebanyak 2x lipat. Adapun deretan produk yang paling banyak dibeli terdiri dari kategori makanan dan minuman, smartphone, suplemen kesehatan, dan fesyen.

Data di atas juga diperkuat oleh riset dari iPrice, yang melihat peningkatan trafik online pada jam 5 pagi sebesar 345%. Menurut Senior Content Marketing iPrice Group Dea Vivin Devita, ini merupakan salah satu perubahan perilaku masyarakat di ecommerce yang terjadi selama Ramadan. 

“Bagi (ecommerce atau pelaku UMKM) yang ingin menyebar promo atau push up notification, mungkin bisa dijadikan salah satu patokan, jam 4.30 sampai jam 5 (pagi) itu kalau bisa kita sudah siap dengan promo-promo yang clickable. Karena sekitar jam itu trafic online-nya meningkat,” kata Dea.

Rencana Blibli sambut Ramadan

Mengantisipasi tren ini, Blibli sebagai satu dari banyak ecommerce terkemuka di Indonesia, sudah menyiapkan beberapa program yang akan dilakukan sepanjang Ramadan. Dengan mengangkat tema Hikmah Ramadan, Blibli menghadirkan fitur dan layanan baru selama 32 hari penuh, dari 12 April - 14 Mei.

“Kita mau mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan Ramadan melalui fitur dan penawaran yang sangat menarik yang akan kita lakukan selama 32 hari ke depan non stop. Karena untuk menjadikan Ramadan tahun ini bermakna bagi kustomer Indonesia,” kata Cindy Kalensang, VP Business Development Blibli.

Layanan yang paling diunggulkan pada Ramadan kali ini adalah 2 Hours Delivery. Ini merupakan layanan tercepat Blibli dalam proses pengiriman, di mana barang yang dibeli dipastikan sampai dalam 2 jam. Hadirnya layanan pengiriman cepat ini juga didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Di samping itu, perusahaan juga bermitra dengan 20 mitra pengiriman, termasuk kurir dari Blibli sendiri (BES). 

Selama Ramadan, Blibli juga menghadirkan tiga kategori baru di antaranya Logam Mulia dan Perhiasan, Fashion Muslim, dan Blibli Hasanah, yang terdiri dari produk-produk bersertifikat halal. 

Cindy mengatakan, cashback sebesar Rp200.000 akan diberikan setiap harinya, dengan puncak cashback Rp1 juta pada 25-27 April. Ada juga diskon dari brand-brand pilihan hingga 85%. 

Sadar akan perubahan perilaku konsumen di bulan Ramadan, Blibli juga mengadakan flash sale di waktu sahur dan ngabuburit sebelum berbuka puasa. Tidak lupa, perusahaan juga akan tetap menjalankan esensi dari bulan suci ini dengan berbagi melalui penggalangan dana bersama Foodcycle yang hasilnya akan dibagikan ke 39 titik yayasan.

Share
×
tekid
back to top