Ini rahasia di balik kamera iPhone 11 Pro

Oleh: Erlanmart - Jumat, 01 Nov 2019 19:29 WIB

Banyak yang setuju bila kualitas iPhone terbaru disebabkan oleh pengolahan software mutakhirnya. Salah satu yang membuatnya andal adalah, sebelum pengguna menekan tombol shutter, demi mengurangi gangguan latensi, iPhone 11 Series sudah mengambil foto.

Pada 10 September 2019, Apple meluncurkan seri ponsel pintar terbaru mereka iPhone 11. Ada beragam fitur yang menarik untuk dikaji. Kali ini tim tek.id, merangkum dari ragam sumber, mencoba menemukan rahasia di balik mesin fotografi iPhone 11, utamanya iPhone 11 Pro, dan Pro Max.

Hal baru yang patut menjadi fokus adalah perbaikan di sektor User Interface (UI) aplikasi kamera bawaannya. Sebagai salah satu perusahaan yang memperhatikan betul soal software, Apple menunjukkan tajinya dalam menggarap UI ini. Tidak banyak yang mengira, dengan tambahan kemampuan di UI saja, memberi perbedaan signifikan pada iPhone 11 Pro dan Pro Max.

Interface kameranya saat membidik objek foto, sebenarnya sudah memperlihatkan bagaimana posisi objek, saat terekam dalam mode ultra-wide. Perlu pembaca ketahui, ada tiga opsi pembidikan dalam iPhone 11 Pro dan Pro Max, yaitu bidikan normal, wide, dan ultra-wide.

Interface baru ini juga berpengaruh pada saat melakukan pembesaran ke objek foto. Pada smartphone lain dengan fitur multi kamera serupa, biasanya akan menciptkan gambar kurang sempurna, kala melakukan pembesaran. Hanya saja, karena pembesaran gambar berlaku pada fitur video di iPhone 11 Pro dan Pro Max, maka mau tidak mau, Apple harus memuluskan sistem ini. Biar saat melakukan pembesaran objek jadi lebih halus.

DxO Mark (20/9), platform terpercaya yang selama ini menjadi rujukan reviewer untuk hasil pengujian kamera smartphone mengevaluasi sistem kerja pembesaran tidak hanya pada iPhone 11 Pro. Mereka juga membandingkanya dengan dua flagship lain, Samsung Galaxy S10+, dan Huawei P30 Pro.