Pinterest buat aturan baru untuk keamanan pengguna remaja

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 22 Agst 2023 15:00 WIB

Akun Pinterest dengan pengguna yang berusia di bawah 16 tahun (remaja) kini secara default akan diatur ke profil pribadi.

Platform sosial berorientasi gambar, Pinterest, mengumumkan fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan keamanan remaja di platformnya.

Dilaporkan oleh Neowin (22/8), akun pengguna yang berusia di bawah 16 tahun kini secara default akan diatur ke profil pribadi. Pengaturan ini memungkinkan akun hanya dapat ditemukan melalui tautan profil.

Sebelumnya, setiap akun Pinterest memiliki opsi untuk membuat profil mereka menjadi publik atau privat. Namun dengan pembaruan ini, sekarang hanya pengguna di atas 16 tahun yang memiliko opsi tersebut.

Bersamaan dengan perubahan ini, perusahaan juga telah menghapus pengikut akun di bawah 16 tahun. Hal ini agar pengguna remaja tersebut dapat memutuskan secara manual siapa yang dapat mengikuti mereka.

Dengan aturan baru ini, memungkinkan mereka untuk memilih orang yang dipercaya dan menyingkirkan orang yang tidak mereka percaya. Kemampuan meninjau dan menghapus pengikut juga dapat dilakukan seluruh pengguna.