Pengguna LINE di iPad kini bisa login menggunakan autentikasi biometrik

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Kamis, 12 Nov 2020 12:26 WIB

Kini LINE memungkinkan pengguna iPad untuk melakukan login tanpa memasukkan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik.

Source: LINE Corporation

LINE Corporation kini telah memungkinkan pengguna iPad untuk login tanpa menggunakan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik di perangkat mereka. Fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE.

Diketahui LINE telah bergabung dengan FIDO Alliance sebagai board member pada tahun 2017 lalu, untuk memprioritaskan perlindungan informasi pribadi penggunanya. Pada tahun 2019, LINE telah mengimplementasikan autentikasi FIDO2 pada layanan LINE Pay. Mulai hari ini, pengguna LINE juga bisa menggunakan autentikasi biometrik FIDO2 untuk login ke dalam aplikasi LINE di iPad.

Untuk menggunakan autentikasi biometrik LINE di iPad, pengguna harus mendaftarkan informasi biometrik di perangkat mereka dan menghubungkannya ke akun LINE. Pengguna kemudian bisa membuka aplikasi LINE di perangkat iPad mereka, memverifikasi nomor telepon, dan mengetuk “Log in with smartphone” guna memasangkan iPad dengan smartphone

Setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti instruksi di ponsel mereka agar prosesnya selesai. Ketika masuk ke dalam aplikasi LINE untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memverifikasi indentitas dengan menggunakan 6-digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar ponsel.

​Mulai tahun ini, pengguna juga bisa melakukan sign in ke LINE versi desktop tanpa kata kunci dengan menggunakan informasi biometrik yang tersimpan di dalam ponsel mereka. Autentikasi biometrik juga bisa digunakan untuk memindahkan akun LINE dan masuk ke dalam berbagai layanan LINE mulai tahun depan sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.