Pemasok Infinix Zero 5 "Made in China" terungkap

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 30 Mar 2018 12:32 WIB

Tak hanya produk yang ilegal, pemasok itu juga diketahui memegang sertifikat Zero 5 buatan Indonesia

Infinix Zero 5 yang berlabel "Made in China" sempat menghebohkan jagat maya di Indonesia. Setelah melakukan identifikasi, akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapati siapa pemasok dibalik produk ilegal itu.

Dijelaskan Plt. Direktur Pengendalian Ditjen SDPPI Kemenkominfo, Nurhaedah, pemasok dari Infinix Zero 5 berlabel Made in China itu adalah PT Bejana Nusa Agung. Tak hanya produk yang ilegal, pemasok itu juga memegang sertifikat Zero 5 buatan Indonesia.

"Telepon seluler merek Infinix dengan tipe X603 LTE (4G) buatan Indonesia dan tipe X603 (3G) buatan China. Kedua tipe tersebut pemilik sertifikatnya PT. Bejana Nusa Agung. Kedua tipe tersebut dipasarkan dengan brand yang sama, Infinix Zero 5," ujar Nurhaedah kepada Tek.id.

Sebelumnya, Kemenkominfo belum mendapati nama pemasok produk Infinix tersebut sehingga melakukan pendekatan persuasif. Diakui Nurhaedah, pihaknya juga telah melakukan klarifikasi awal dengan Lazada, e-commerce yang memasarkan Infinix Zero 5. Meski begitu, masih diperlukan pendalaman apakah kedua tipe dari smartphone Infinix yang dipasok PT. Bejana Nusa Agung tersebut dipasarkan oleh Lazada.

Setelah meminta klarifikasi, Lazada bersedia menyesuaikan produk ponsel yang dijualnya dengan deskripsi yang ditampilkan di website.