Pasar smartphone Indonesia naik signifikan

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 07 Sep 2018 14:17 WIB

Data pengiriman smartphone di Indonesia tercatat mencapai 9,4 juta unit pada kuartal empat tahun 2018

(Foto: Gadgetbyte)

Indonesia menjadi pasar yang tak luput dari incaran berbagai vendor smartphone. Betapa tidak, Indonesia memiliki populasi yang banyak sehingga memberikan peluang besar bagi berbagai vendor. Data pengiriman smartphone di Indonesia bahkan mencapai 9,4 juta unit pada kuartal empat tahun 2018.

Mengacu hasil riset IDC, jumlah tersebut tumbuh 22 persen dibanding kuartal sebelumnya atau 18 persen ketimbang periode yang sama di tahun lalu. Jumlah itu juga tercatat sebagai pengiriman tertinggi di Indonesia. Lantas smartphone merek apakah yang berkontribusi dalam pencapaian itu?

IDC menyebut lima vendor teratas di Indonesia terus mendominasi penjualan dengan lebih dari 85 persen pasar lokal. Satu hal yang menarik adalah bahwa pencapaian itu disebabkan besarnya pertumbuhan pengiriman smartphone Xiaomi.

"Xiaomi sebagai 'kuda hitam' yang telah melalui berbagai tantangan pertumbuhan di masa lalu dan berhasil menduduki posisi kedua pengiriman smartphone terbesar di Indonesia," kata Risky Febrian, Market Analyst IDC Indonesia dalam keterangan yang diterima Tek.id.