Orang Indonesia mulai sering tinggalkan rumah selama pandemi

Oleh: Hieronimus Patardo - Sabtu, 18 Apr 2020 13:54 WIB

Data terakhir yang dirilis Google menunjukkan adanya peningkatan kunjungan warga Indonesia ke beberapa lokasi seperti restoran dan pusat perbelanjaan .

Ilustrasi

Google sebelumnya sudah merilis informasi mengenai pola pergerakan orang selama masa pandemi ini berlangsung. Sebelumnya kami sudah memberitakan mengenai pola pergerakan orang Indonesia sampai akhir Maret lalu. Kini Google merilis update-nya. 

Dalam update itu, ada beberapa perubahan yang terjadi seiring berjalannya waktu. Kebanyakan jumlah penurunan kunjungan ke beberapa lokasi justru berkurang. Artinya, orang Indonesia sudah mulai kembali melakukan aktivitas di luar ruangan, walaupun belum pulih sepenuhnya. 

Data yang diberikan Google mencatat perubahan sampai 11 April lalu. Baseline yang ditetapkan juga sama, yakni dari periode 3 Januari hingga 6 Februari 2020. Aspek yang diteliti pun belum berubah, berkisar pada Retail & recreation, Grocery & pharmacy, Office hingga kecenderungan untuk tetap tinggal di dalam rumah. 

Bagaimana perubahan yang terjadi di Indonesia

Sebagaimana sudah disebut, aktivitas kunjungan orang ke tempat-tempat tertentu kembali mengalami kenaikan. Misalnya pada kunjungan ke lokasi seperti restoran dan pusat perbelanjaan mengalami peningkatan di hari kerja. Kemudian penurunan kembali terjadi di akhir pekan. Data terakhir yang dikumpulkan Google, penurunan yang tadinya berjumlah 47% menjadi 43% pada 11 April 2020.