Opensignal: Telkomsel juara 4G akhir tahun 2019

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 17 Des 2019 18:01 WIB

Opensignal menguji 1,8 juta perangkat smartphone dan menganalisis pengalaman jaringan seluler pengguna. Dan berkeliling di 24 kota besar Tanah Air untuk menemukan siapa pemenang nasionalnya.

Telkomsel masih mendominasi jangkauan 4G dan pengalaman panggilan telepon menggunakan aplikasi (Voice App Experience) versi Opensignal. Sementara Smartfren menjadi operator dengan ketersediaan 4G di Indonesia, meski dalam kategori yang lain loyo. Itulah sedikit gambaran, dari laporan akhir tahun kinerja operator seluler Tanah Air di 2019 ini.

Opensignal menguji dan menganalisis pengalaman jaringan seluler pengguna di Indonesia selama 90 hari, sejak Agustus 2019. Hal ini guna mengetahui lima operator Indonesia dalam meningkatkan layanan 4G mereka. Lebih jauh lagi, Opensignal telah menggali data lebih jauh ke 24 kota besar di seluruh Indonesia.

Dalam hal ketersediaan 4G, Smartfren merajai. Lalu dengan kategori pengalaman video, voice app experience, kecepatan download, kecepatan upload, latency, cakupan 4G, didominasi Telkomsel.

Catatan Opensignal menyebutkan bahwa, pengalaman video seluler di Indonesia meningkat dari hasil pengujian sebelumnya. Operator 3 dan XL tercatat mengalami peningkatan pengalaman video sebesar 4,5 poin dari catatan sebelumnya. Indosat meningkat lebih tinggi dengan peningkatan mendekati 7 poin.