Kemenristek dan Shopee gelar National Data Science Challenge 2020

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 18 Feb 2020 13:27 WIB

Lomba yang bertajuk National Data Science Challenge 2020 ini digelar untuk menjaring talenta digital untuk menyambut lahirnya revolusi industri 4.0 di Indonesia.

Indonesia saat ini sedang bersiap untuk menyambut hadirnya revolusi industri 4.0. Ini berarti, saat ini kita membutuhkan banyak talenta digital yang dapat menunjang kemajuan teknologi industri tersebut.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia dan McKinsey, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital antara 2015 dan 2050. Ini berarti, setiap tahunya kita membutuhkan sekitar 600 ribu orang.

Tantangan besar ini pun tidak akan dapat terjadi jika tidak ada kerja sama antara pihak pemerintah dan swasta. Hal inilah yang mencetuskan hadirnya National Data Science Challenge 2020, yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Shopee.

Ini merupakan kompetisi yang dihelat selama satu hari untuk para mahasiswa dan pekerja, dimana mereka ditantang untuk memecahkan masalah Data Science dan Data Analitik yang disusun oleh tim Shopee.

“Kami sangat terbuka dengan kerja sama bersama Shopee ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi digital yang sejalan dengan komitmen kami.” kata Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro seperti dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id.