sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 22 Des 2020 13:24 WIB

5 skill teknologi yang harus kamu kuasai di 2021

Menurut pakar teknologi, terdapat lima keterampilan teknologi yang harus dikuasai di tahun 2021 mendatang.

5 skill teknologi yang harus kamu kuasai di 2021
Source: Pexels

Dunia semakin canggih tiap tahunnya. Di 2021, industri teknologi diprediksi menjadi yang terdepan dalam mengubah dunia. Perusahaan-perusahaan besar tentu akan mencari bibit unggul yang memiliki kemampuan teknologi tertentu. Berdasarkan laporan Veronica Combs dari TechRepublic (22/12), menurut pakar teknologi, terdapat lima keterampilan teknologi yang setidaknya harus dikuasai apabila ingin berkarir di ranah tersebut.

Apa saja itu? Berikut Tek.id rangkum lima keterampilan teknologi yang wajib dikuasai di 2021.

  • Cybersecurity

Cybersecurity adalah teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Seperti diketahui, belakangan marak terjadi serangan malware, upaya pembobolan data, dan penyalahgunaan lainnya yang dilakukan oleh hacker untuk kepentingannya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan cybersecurity yang mampu menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem Teknologi Informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak akses.

  • Otomasi

Ini merupakan keterampilan yang terkait dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).Wakil Presiden UiPath Tom Clancy mengatakan, 70% dari hasil survei menunjukkan bahwa para eksekutif level C mengharuskan karyawannya memiliki keterampilan otomasi atau automation.

  • Natural language processing

Dikenal dengan pemrosesan bahasa alami, natural language processing merupakan cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa manusia. Kini, semakin banyak teknologi yang memanfaatkan suara, dan teknologi ini memanfaatkan keterampilan pengenalan suara.

  • Operational Machine Learning

Ilmuwan data yang membuat model pembelajaran mesin (Machine Learning) sudah cukup banyak. Namun, yang dibutuhkan adalah orang-orang yang dapat memproses operasi data dan DevOps untuk menggunakan ML dalam pekerjaan produksi.

  • Cloud-native architecture

Keterampilan mendesain atau merancang aplikasi dan layanan khusus untuk cloud sangat berguna di zaman digital ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak perusahaan yang membuat produk dan layanan mereka langsung di cloud.

Share
×
tekid
back to top