Jumlah penonton Youtube di Indonesia naik 30%

Oleh: Lysti Rahma - Kamis, 14 Okt 2021 15:24 WIB

Youtube Indonesia mencatatkan jumlah penonton yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian ini diumumkan Youtube dalam gelaran Brandcast Delivered 2021. 

Youtube Indonesia mencatatkan jumlah penonton yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian ini diumumkan Youtube dalam gelaran Brandcast Delivered tahun 2021. 

Mengacu data ComScore VMX, lebih dari 100 juta penonton yang berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton video di YouTube setiap bulannya. Jumlah ini naik 30% dari tahun 2020. Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari kota-kota kecil, dengan waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari.

Adapun jenis video yang banyak ditonton cukup beragam. Misalnya video makanan yang naik 40% dari Q1 2020-Q2 2021. Dalam periode yang sama, video game RPG juga naik 70%. Sementara itu, waktu tonton video drama, keuangan dan perawatan kulit secara keseluruhan naik hingga lebih dari dua kali lipat. Begitu pula untuk video perawatan kulit pria. 

Dalam kesempatan yang sama, YouTube mengungkapkan keberhasilannya dalam meraih pencapaian baru untuk para kreator. Kini ada 1.000 channel di Indonesia yang jumlah subscriber-nya lebih dari 1 juta dan 25 kreator Indonesia yang telah mendapatkan Diamond Play Button karena berhasil melampaui 10 juta subscriber. Semua kreator membuat video dalam berbagai format, mulai dari YouTube Shorts hingga video berdurasi panjang dan live streaming.

Pada tahun ini juga, YouTube Works Awards diadakan di Indonesia yang bekerja sama dengan Kantar & Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). Youtube menerima kiriman lebih dari 400 video dan lima brand berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam tujuh kategori.