Jangan biarkan anak kecanduan gadget

Oleh: Dommara Hadi S - Minggu, 29 Okt 2017 13:56 WIB

Mari bersama-sama mengawal anak dari kejahatan siber.

Akes internet pada smartphone memang memiliki dampak positif untuk sisi kreativitas anak. Dari internet, anak bisa mengeksplorasi barbagai hal yang bisa menjadi sumber informasi untuk membantu tumbuh kembangnya.

Sayangnya, internet tidak hanya membawa dampak positif. Internet juga memiliki sisi kelam yang justru bisa memberikan pengaruh buruk pada tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah maraknya konten negatif yang kian mudah didapatkan saat ini dan kejahatan siber.

Karena rasa peduli akan generasi penerus bangsa, beberapa institusi yang tergabung dalam IDCOP menggelar workshop untuk mengkampanyekan pentingnya perlindungan anak dalam ranah digital dan memerangi konten-konten negatif di internet melalui acara SiBerkreasi yang bertempat di JIExpo Kemayoran.

Dampak internet dan teknologi

Salah dampak internet dan teknologi adalah sifat narsistik. Sebagai contoh, dulu orang bisa mengagumi dirinya sendiri hanya dengan menggunakan cermin dan bersifat privat. Hal semacam ini berubah ketika kehadiran smartphone dan aplikasi sosial media mulai menjamur. Tidak ada lagi yang bersifat privasi karena sosial media menjelma menjadi ajang unjuk diri.