Inovasi ZTE dan nubia hadirkan inovasi AI dalam aktivitas sehari-hari
ZTE Corporation bersama dengan nubia Indonesia baru-baru ini memaparkan peluang besar yang ditawarkan oleh inovasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI).
ZTE Corporation, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi global, bersama dengan nubia Indonesia, baru-baru ini memaparkan peluang besar yang ditawarkan oleh inovasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam industri telekomunikasi dan gaya hidup digital di Indonesia. Dalam acara yang diadakan di Jakarta, kedua perusahaan menyoroti bagaimana AI menjadi pusat dari evolusi industri telekomunikasi, meningkatkan efisiensi, menciptakan sumber pendapatan baru, dan mendorong inovasi yang berkelanjutan.
Integrasi AI ke dalam perangkat seluler diyakini akan menciptakan pengalaman sehari-hari yang lebih praktis dan mudah bagi pengguna. Operator telekomunikasi yang memanfaatkan AI akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan, mengurangi biaya operasional, meningkatkan kualitas layanan, dan membuka peluang model bisnis baru di luar konektivitas tradisional. ZTE secara aktif mengintegrasikan AI di seluruh lini produk dan layanannya, dengan fokus pada "konektivitas + komputasi + kapabilitas + kecerdasan" untuk menciptakan inovasi yang cerdas.
AI telah memberikan dampak signifikan pada industri telekomunikasi saat ini, mendorong efisiensi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghasilkan model bisnis baru dalam bidang-bidang utama seperti optimasi dan otomatisasi jaringan, layanan pelanggan yang ditenagai oleh AI, perencanaan dan deployment jaringan, serta pertumbuhan pendapatan dan monetisasi. Di masa depan, AI diyakini akan terus merevolusi industri telekomunikasi karena kemampuannya untuk memproses data dalam jumlah besar, mengoptimalkan kinerja jaringan secara real time, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memungkinkan aliran pendapatan baru.
ZTE mengambil pendekatan AI yang komprehensif, yang bertujuan untuk mengintegrasikan solusi cerdas di berbagai sektor untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional. Contohnya termasuk stasiun pangkalan yang mampu mengenali AI dan kebijakan kecerdasan yang berbeda-beda untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik serta merangsang evaluasi dan optimalisasi terhadap lalu lintas jaringan dan persepsi layanan, yang dapat memelihara jaringan telekomunikasi secara cerdas.
Perusahaan asal Tiongkok tersebut juga berkomitmen untuk mengembangkan Full-Scenario Intelligent Ecosystem dengan interaksi multi-modal yang didorong oleh AI dan berbagai perangkat AI, yang menghubungkan orang, kendaraan, dan ekosistem rumah untuk memastikan bahwa setiap konsumen dapat memperoleh manfaat dari efisiensi, resonansi emosional, dan peningkatan value fungsional yang dibawa oleh AI. ZTE percaya bahwa AI adalah salah satu pendorong utama untuk transformasi digital di industri telekomunikasi Indonesia.