Ini upaya Facebook lindungi keamanan Pemilu

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 04 Apr 2018 12:19 WIB

Facebook kini menyiapkan upaya untuk melindungi keamanan Pemilu.

(Foto: The Sun)

Media sosial tanpa disadari memiliki pengaruh yang kuat dalam menggiring opini seseorang. Ini menjadi salah satu kesempatan yang digunakan banyak kalangan untuk meraup banyak pengikut.

Kala pemilihan umum (Pemilu) di Amerika Serikat, misalnya, berbagai berita palsu (hoaks) merajalela di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Hal tersebut membuat Facebook terseret dengan regulator setempat terkait pemilahan informasi yang beredar dalam platform-nya.

Berkaca dari peristiwa itu, Facebook kini menyiapkan upaya untuk melindungi keamanan Pemilu. Guy Rosen, VP of Product Management Facebook kepada Tek.id menyebutkan, ada empat area keamanan Pemilu yang tengah dikerjakan Facebook, yaitu memberantas campur tangan pihak asing, menghapus akun palsu, mengingkatkan transparansi iklan dan mengurangi penyebaran hoaks.

"Keempat hal ini merupakan pendekatan komprehensif yang kami terapkan untuk Pemilu di seluruh dunia," kata Rosen.

Chief Security Officer Alex Stamos juga menerangkan bahwa masalah umum yang kerap terjadi yakni adanya identitas palsu, audiens palsu, fakta palsu dan naratif palsu. Meurutnya, masalah tersebut muncul dengan motif uang atau finansial.