Ini kondisi kesehatan masyarakat Indonesia menurut Garmin

Oleh: Erlanmart - Rabu, 23 Des 2020 07:20 WIB

Tingkat stres pengguna smartwatch Garmin di Indonesia menjadi yang terendah ketiga dibanding negara lain di Asia. Data ini menurun dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

Source: Garmin

Garmin baru saja merilis data “kesehatan pengguna Garmin di Asia 2020” untuk pertama kalinya. Data ini mengintegrasikan data pengguna secara anonim melalui pemantauan kesehatan selama 24 jam. Melalui data ini, perusahaan tersebut mengamati aktivitas fisik pengguna di Asia untuk memberikan gambaran terkait kondisi kesehatan masyarakat selama pandemi.

1. Tingkat stres

Kehadiran pandemi Covid-19 dan pemberlakuan kebijakan PSBB oleh pemerintah memengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk membatasi aktivitas dan kegiatan masyarakat. Dengan kondisi ini, Garmin menganlisis tingkat stres masyarakat menggunakan data dari pengguna yang tercatat di aplikasi Garmin Connect dan menemukan fakta menarik.

Tingkat stres pengguna smartwatch Garmin di Indonesia menjadi yang terendah ketiga dibanding negara lain di Asia. Data ini menurun dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Dengan kata lain, pandemi dan PSBB tak lantas membuat tingkat stres masyarakat Indonesias menanjak, khususnya perempuan di Indonesia yang mencatat tingkat stres di bawah 20, menjadi yang terendah dibanding seluruh pengguna Garmin di negara Asia lainnya.

2. Pola tidur