Ini dia pengalaman jaringan seluler terbaru Indonesia menurut Opensignal

Oleh: Erlanmart - Rabu, 20 Des 2023 16:11 WIB

Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler, Desember 2023".

Perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, Opensignal, baru-baru ini merilis laporan terbarunya untuk wilayah Indonesia. Riset perusahaan tersebut membandingkan pengalaman jaringan seluler dari operator ternama Tanah Air seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren. Berikut adalah beberapa temuan terbaru Opensignal mengenai kualitas jaringan seluler di Indonesia.

Telkomsel tetap unggul dalam kecepatan unduh/unggah

Seiring dengan peningkatan kecepatan seluler secara keseluruhan, Telkomsel kembali meraih penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Pengguna jaringan Telkomsel yang disurvei oleh Opensignal merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1Mbps – 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna XL yang berada di posisi kedua.

Demikian juga dengan pengguna Telkomsel yang merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps, diikuti oleh pengguna Tri dengan 9,7Mbps. Kecepatan seluler di Indonesia telah meningkat signifikan secara keseluruhan, di mana pengguna mencatat kecepatan unduh 7,5-21,4% lebih cepat dan kecepatan unggah 11,2-23% lebih cepat , tergantung pada operator pilihan mereka.

Indosat unggul dalam Kualitas Konsisten