Influencer marketing: apa, siapa dan bagaimana?

Oleh: S. A. Bardan Almahdali - Jumat, 26 Jan 2018 11:34 WIB

Influencer marketing sedang tren di Indonesia. Bagaimana memanfaatkannya untuk bisnis Anda?

Influencer marketing atau di Indonesia kerap disebut buzzer adalah sebuah cara memasarkan dan mempromosikan sebuah produk. Sebenarnya, cara ini sudah cukup lama kita kenal dengan Word Of Mouth Marketing. Namun karena pesatnya perkembangan digital dan meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar (smartphone), cara ini bisa dibilang menjadi salah satu cara memasarkan suatu produk yang efektif.

Pernahkah Anda membeli suatu produk karena review dan tulisan yang dibaca di website atau blog atau sosial media? Review para influencer tidak berupa iklan yang pasti akan kita hindari saat membuka media sosial. Mereka akan mempengaruhi pembacanya dengan cara sangat halus, bahkan hampir tanpa terasa oleh kita.

Influencer Marketing

Taktik marketing ini melibatkan beberapa orang atau akun untuk melakukan promosi produk dan servis. Mereka bekerja untuk menarik dan merayu pengguna dengan tulisan dan review di media sosial dan website.

Para influencer ini membuat tulisan dan review sesuai dengan bidang keahliannya. Contohnya, seorang influencer bidang wisata, mereka bekerja untuk membuat berbagai rekomendasi tujuan wisata di satu daerah tertentu, transportasi apa yang dipakai untuk menuju lokasi tersebut, hotel apa saja yang tersedia di sana, berapa harga tiket menuju lokasi tersbut dan lain lain. Tapi tanpa kita sadari, mereka akan menyebutkan beberapa merek tertentu dan akan membuat review positif singkat mengenai merek tersebut yang akan memberi pengaruh pada kita, para pembacanya.