Huawei ingin aplikasi Google ada di App Gallery

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 01 Apr 2020 10:30 WIB

Pihak Huawei ingin mendatangkan aplikasi esensial milik Google di App Gallery mereka agar dapat digunakan di perangkat smartphone mereka.

Masalah Huawei dengan pemerintah Amerika hingga saat ini masih jauh dari selesai. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa hubungan diantara keduanya bisa saja menjadi lebih buruk dalam beberapa minggu mendatang. 

Hal ini dikarenakan baru-baru ini, dikabarkan bahwa Huawei ingin melakukan sebuah hal yang cukup gila. Mereka mengatakan ingin memajang aplikasi Google di toko aplikasi mereka yakni App Gallery.

Bagi kalian yang tak familiar dengan apa yang terjadi di antara Huawei dan Amerika, secara singkat, Amerika sangat membatasi kerjasama antara Huawei dengan perusahaan Amerika, termasuk Google. Huawei telah kehilangan hak mereka menggunakan aplikasi Google, hingga tidak boleh menggunakan OS Android di perangkat terbaru mereka.

Wccftech (1/4/2020) melaporkan, beberapa eksekutif Huawei berpendapat bahwa tidak ada alasan mengapa Google tidak dapat menggunakan aplikasi mereka di App Gallery. Hal ini dikarenakan mereka juga melakukan hal yang sama seperti di App Store Apple dan Samsung Galaxy Store.

Google tidak benar-benar memiliki opsi pada iPhone, karena App Store hanya repositori aplikasi di platform. Samsung, di sisi lain, memiliki Galaxy Store dan Play Store yang beroperasi berdampingan.