Huawei dorong inovasi digitalisasi demi ekonomi digital Indonesia yang lebih efisien

Oleh: Erlanmart - Minggu, 11 Des 2022 13:39 WIB

Huawei ITC Outlook 2023: Huawei dorong inovasi dalam digitalisasi untuk pacu efisiensi bagi lompatan ekonomi digital Indonesia yang lebih hijau.

Salah satu penyedia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global, Huawei, akan terus mendorong serangkaian inovasi teknologi digital generasi baru (seperti 5G, kecerdasan buatan (AI), dan cloud computing) dalam upaya memacu efisiensi dan menciptakan beragam terobosan bagi pertumbuhan ekonomi digital yang berkesinambungan, rendah karbon, dan nol emisi.

Dalam paparannya pada Huawei ICT Outlook 2023 yang mengusung tema, Forging Ahead Indonesian Digital Transformation in 2023, Steven Wang, CEO of Huawei Indonesia Carrier Network Business Group, menegaskan peran kunci TIK sebagai enabler bagi perkembangan yang rendah karbon dan hijau.

“Di Indonesia, Huawei akan terus mendorong industri TIK untuk memperbaiki efisiensi jaringan dan memaksimalkan energi terbarukan dalam rangka mengurangi emisi,” kata Steven Wang.

Menurut, International Telecommunications Union (ITU), industri TIK harus mengurangi emisi gas (GHG) hingga 45 persen antara tahun 2020 hingga 2030 sesuai Perjanjian Paris.

Di lain sisi, inovasi di teknologi digital memainkan peran penting untuk menggarap berbagai peluang yang bermanfaat bagi ekosistem digital sebagaimana disampaikan oleh Jason Zhang, CEO of Huawei Cloud Indonesia. Sejak 2017, Huawei Cloud telah berkembang dengan sangat pesat di seluruh dunia digerakkan oleh dua mesin yaitu bisnis dan teknologi.