Facebook janjikan Messenger yang lebih andal

Oleh: Erlanmart - Rabu, 01 Mei 2019 09:55 WIB

Demi menekankan seberapa cepat aplikasi Messenger mendatang, Facebook telah memberinya nama internal “LightSpeed”.

Source: Facebook via Engadget

Beberapa bulan terakhir Facebook Messenger telah mendapat beberapa ubahan. Misalnya dengan Messenger 4, platform tersebut telah menyederhanakan antarmuka sehingga lebih mudah untuk mengirin foto dan memulai panggilan video.

Dilansir dari Engadget (30/4), pada konferensi pengembang tahunan Facebook F8 2019, perusahaan ini mengumumkan akan ada lebih banyak pembaruan yang hadir ke Messenger. Ada aneka fitur baru, termasuk aplikasi yang lebih ringan.

Perubahan besar pertama adalah Messenger diinformasikan akan lebih cepat dan ringan dari sebelumnya. Demi menekankan seberapa cepat aplikasi Messenger mendatang, Facebook telah memberinya nama internal “LightSpeed”. Aplikasi ini dijanjikan muncul dalam waktu kurang dari dua detik saat diakses dengan kapasitas kurang dari 30 MB. Hal ini menjadikannya jauh berbeda dari Messenger sebelumnya yang berperforma tidak gesit.

Fitur baru lainnya adalah Meseenger khusus untuk keluarga dan teman dekat, yang akan menyediakan beberapa fitur mulai dari Stories hingga gambar dan video pribadi yang kamu bagikan satu sama lain. Belum jelas cara kerja konsep ini, tetapi terdengar agak mirip dengan fitur Close Friends yang sudah ada di aplikasi Facebook utama serta Instagram Stories.

Video adalah area penting untuk Facebook. Menurut perusahaan, sekitar 410 juta orang menggunakan video chat di Messenger setiap bulan, dan sekitar dua miliar menit per hari dihabiskan untuk menonton video di Facebook. Jadi masuk akal bahwa Facebook akan berusaha untuk menggabungkan keduanya dengan memperkenalkan gaya “watch party” di Messenger. Ini memungkinkan kamu dan teman-teman menemukan dan menonton video di Facebook secara bersamaan, yang dapat dilakukan dalam teks grup, atau grup video chat.