Facebook F8

Facebook janjikan Messenger yang lebih andal

Demi menekankan seberapa cepat aplikasi Messenger mendatang, Facebook telah memberinya nama internal “LightSpeed”.

Facebook janjikan Messenger yang lebih andal Source: Facebook via Engadget

Beberapa bulan terakhir Facebook Messenger telah mendapat beberapa ubahan. Misalnya dengan Messenger 4, platform tersebut telah menyederhanakan antarmuka sehingga lebih mudah untuk mengirin foto dan memulai panggilan video.

Dilansir dari Engadget (30/4), pada konferensi pengembang tahunan Facebook F8 2019, perusahaan ini mengumumkan akan ada lebih banyak pembaruan yang hadir ke Messenger. Ada aneka fitur baru, termasuk aplikasi yang lebih ringan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Facebook Pay resmi rilis di AS

Aplikasi Facebook di iPhone gunakan kamera tanpa izin pengguna

Mark Zuckerberg masih tak mau larang iklan politik di platformnya


Perubahan besar pertama adalah Messenger diinformasikan akan lebih cepat dan ringan dari sebelumnya. Demi menekankan seberapa cepat aplikasi Messenger mendatang, Facebook telah memberinya nama internal “LightSpeed”. Aplikasi ini dijanjikan muncul dalam waktu kurang dari dua detik saat diakses dengan kapasitas kurang dari 30 MB. Hal ini menjadikannya jauh berbeda dari Messenger sebelumnya yang berperforma tidak gesit.

Fitur baru lainnya adalah Meseenger khusus untuk keluarga dan teman dekat, yang akan menyediakan beberapa fitur mulai dari Stories hingga gambar dan video pribadi yang kamu bagikan satu sama lain. Belum jelas cara kerja konsep ini, tetapi terdengar agak mirip dengan fitur Close Friends yang sudah ada di aplikasi Facebook utama serta Instagram Stories.

Video adalah area penting untuk Facebook. Menurut perusahaan, sekitar 410 juta orang menggunakan video chat di Messenger setiap bulan, dan sekitar dua miliar menit per hari dihabiskan untuk menonton video di Facebook. Jadi masuk akal bahwa Facebook akan berusaha untuk menggabungkan keduanya dengan memperkenalkan gaya “watch party” di Messenger. Ini memungkinkan kamu dan teman-teman menemukan dan menonton video di Facebook secara bersamaan, yang dapat dilakukan dalam teks grup, atau grup video chat.

Satu produk lain yang akan dirilis Facebook pada tahun ini adalah aplikasi Messenger versi desktop. Aplikasi ini akan tersedia untuk Windows dan MacOS. Menurut Facebook, aplikasi versi desktop akan memiliki semua fitur yang sama dengan versi mobile, seperti group call, multi-tasking, dan banyak lagi.

Facebook juga mengatakan bahwa Messenger memiliki enkripsi end-to-end secara default. Ini sejalan dengan pesan CEO Mark Zukerberg beberapa bulan lalu di mana ia mengatakan Facebook akan menjalani perbaikan “yang berfokus pada privasi”, yang sebagian besar didorong oleh pelanggaran keamanan dan skandal pengambilan data.

Selain konsumen reguler, Facebook Messenger juga memiliki banyak pengguna bisnis. Menurut perusahaan, ada lebih dari 40 juta bisnis aktif di Messenger, banyak yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Salah satu fitur baru yang akan datang ke Messenger versi bisnis adalah membuat jadwal pertemuan yang akan menghubungkan ke kalender internal bisnis, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menjadwalkan, mengubah, atau membatalkan janji temu mereka.

Facebook belum memberikan tanggal spesifik kapan Messenger baru akan meluncur, tetapi tampaknya dalam waktu singkat. Semua fitur ini sedang dalam pengujian.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: