Facebook AI M2M-100 dapat terjemahkan bahasa secara natural

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 20 Okt 2020 11:58 WIB

Tanpa harus menerjemahkan ke bahasa Inggris terlebih dahulu, Facebook AI M2M-100 dapat membuat berita dengan bahasa yang lebih natural.

Facebook

Facebook hingga saat ini masih menjadi salah satu platform penyebaran berita dari seluruh dunia. Hal ini membuat Facebook setidaknya harus menerjemahkan 20 miliar News Feed per harinya untuk disajikan kepada para penggunanya.

Nah, untuk membuat para pengguna nyaman saat membaca News Feed dalam bahasa mereka masing-masing, Facebook baru saja memperkenalkan AI terbaru mereka yang bernama M2M-100, yang ditujukan untuk menerjemahkan News Feed dari satu bahasa ke bahasa lain senatural mungkin.

Pihak Facebook mengklaim bahwa saat ini, M2M-100 dapat menerjemahkan sekitar 100 bahasa di seluruh dunia. Ada pun yang membuat terjemahan AI ini unggul dalam menerjemahkan adalah mereka tidak melakukan terjemahan dari satu bahasa ke bahasa Inggris terlebih dahulu, lalu di terjemahkan lagi ke bahasa yang lain. Artinya, AI tersebut langsung akan menerjemahkan bahasa secara langsung.

“Tantangan utamanya adalah, bagaimana kita menggunakan sistem terjemahan yang kita miliki, dan kemudian benar-benar memenuhi permintaan orang di seluruh dunia,” kata peneliti Facebook AI, Angela Fan seperti dikutip dari laman Engadget (20/10).

“Dari milyaran postingan yang diterbitkan setiap hari dalam 160 bahasa di platform Facebook, dua pertiganya menggunakan bahasa selain bahasa Inggris,” katanya. Jadi menerjemahkan satu bahasa langsung ke bahasa lain tanpa harus menggunakan bahasa Inggris menjadi kunci terbaik.