sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Selasa, 20 Okt 2020 11:58 WIB

Facebook AI M2M-100 dapat terjemahkan bahasa secara natural

Tanpa harus menerjemahkan ke bahasa Inggris terlebih dahulu, Facebook AI M2M-100 dapat membuat berita dengan bahasa yang lebih natural.

Facebook AI M2M-100 dapat terjemahkan bahasa secara natural
Facebook

Facebook hingga saat ini masih menjadi salah satu platform penyebaran berita dari seluruh dunia. Hal ini membuat Facebook setidaknya harus menerjemahkan 20 miliar News Feed per harinya untuk disajikan kepada para penggunanya.

Nah, untuk membuat para pengguna nyaman saat membaca News Feed dalam bahasa mereka masing-masing, Facebook baru saja memperkenalkan AI terbaru mereka yang bernama M2M-100, yang ditujukan untuk menerjemahkan News Feed dari satu bahasa ke bahasa lain senatural mungkin.

Pihak Facebook mengklaim bahwa saat ini, M2M-100 dapat menerjemahkan sekitar 100 bahasa di seluruh dunia. Ada pun yang membuat terjemahan AI ini unggul dalam menerjemahkan adalah mereka tidak melakukan terjemahan dari satu bahasa ke bahasa Inggris terlebih dahulu, lalu di terjemahkan lagi ke bahasa yang lain. Artinya, AI tersebut langsung akan menerjemahkan bahasa secara langsung.

“Tantangan utamanya adalah, bagaimana kita menggunakan sistem terjemahan yang kita miliki, dan kemudian benar-benar memenuhi permintaan orang di seluruh dunia,” kata peneliti Facebook AI, Angela Fan seperti dikutip dari laman Engadget (20/10).

“Dari milyaran postingan yang diterbitkan setiap hari dalam 160 bahasa di platform Facebook, dua pertiganya menggunakan bahasa selain bahasa Inggris,” katanya. Jadi menerjemahkan satu bahasa langsung ke bahasa lain tanpa harus menggunakan bahasa Inggris menjadi kunci terbaik.

Pihak Facebook juga mengatakan bahwa FBAI telah membangun kumpulan data yang sangat besar yang terdiri dari 7,5 miliar kalimat dalam 100 bahasa. Dengan menggunakan database ini, tim peneliti melatih model terjemahan universal dengan lebih dari 15 miliar parameter yang menangkap informasi dari bahasa terkait dan mencerminkan deskripsi bahasa dan morfologi yang lebih beragam.

Yang paling menarik, Facebook mengatakan juga akan merilis model, pelatihan, dan pengaturan evaluasi M2M-100 untuk peneliti lain. Jadi, mereka dapat mengembangkan model AI yang lebih baik di masa depan.

Share
×
tekid
back to top