Dell akui situsnya dibobol peretas

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 30 Nov 2018 12:55 WIB

Pihak Dell menyebut bahwa mereka berhasil menggagalkan upaya para peretas untuk mengambil data para pelanggannya.

Ilustrasi Hacker (pexels)

Dell baru-baru ini mengumumkan, situs mereka telah dibobol peretas, awal bulan lalu. Perusahaan komputer raksasa asal Amerika Serikat tersebut mengatakan, mereka telah mendeteksi dan mencoba untuk menggagalkan upaya peretas untuk mengekstrak informasi pelanggan.

Para peretas menyerang database Dell.com untuk mencatut nama, alamat email dan kata sandi yang di-hash, pada 9 November lalu. 

"Meskipun mungkin beberapa informasi pelanggan dihapus dari jaringan Dell, penyelidikan kami tidak menemukan bukti konkrit bahwa ada data yang diambil," kata Dell dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman CNET (30/11).

Untung saja, mereka pun berhasil mengamankan data kartu kredit pelanggan dan informasi sensitif lainnya. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa insiden itu tidak menyebabkan gangguan pada layanannya.

Setelah mendeteksi peretasan, Dell mengatakan bahwa mereka sudah meminta para pelanggannya untuk menyetel ulang kata sandi, menghubungi penegak hukum, dan mempekerjakan perusahaan forensik digital untuk melakukan penyelidikan independen.

Tag