Daftar negara yang larang dan batasi TikTok

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 08 Apr 2023 10:44 WIB

Tidak hanya AS, TikTok juga harus menghadapi tantangan lainnya seperti larangan dan batasan penggunaan di banyak negara di dunia.

Source: Unsplash/Solen Feyissa

TikTok telah menjadi berita utama akhir-akhir ini. Bukan karena alasan yang berkaitan dengan konten di aplikasi, melainkan beberapa pemerintah di seluruh dunia yang menyerukan pelarangan oleh aplikasi tersebut.

Baru-baru ini, Amerika Serikat mengadakan sidang kongres dengan CEO TikTok Shou Zi Chew atas masalah privasi dan keamanan. Ini menyebabkan banyak warga bertanya-tanya apakah aplikasi tersebut akan dilarang seperti yang diinginkan oleh banyak perwakilan. 

Tidak hanya AS, TikTok juga harus menghadapi tantangan lainnya di banyak negara di dunia. Dilansir dari Digital Trends (8/4), sebagian ada yang benar-benar melarang aplikasi untuk diakses, sebagian lagi menerapkan pembatasan. Lebih lanjut, berikut daftar negara yang sedang mempertimbangkan salah satu dari keduanya terhadap TikTok.

  • Afganistan

Sejak mengambil kendali pemerintah tahun lalu, Taliban membatasi konten media yang dianggap tidak layak bagi warganya, TikTok salah satunya. Meskipun, ada beberapa influencer TikTok Afghanistan terkenal seperti @mr_kareem yang menyombongkan diri. 

Menurut BBC, juru bicara Taliban Inamullah Samangani menyatakan bahwa larangan itu dimaksudkan untuk “mencegah generasi muda disesatkan.”