Daftar fitur baru Tokopedia untuk Android

Oleh: Dinda Rahmawati - Selasa, 17 Nov 2020 20:44 WIB

Tokopedia menghadirkan inovasi baru khusus pengguna aplikasi Tokopedia di Android. Fitur baru Tokopedia ini disesuaikan dengan kebutuhan serta gadget pengguna.

Tokopedia baru saja menghadirkan inovasi baru khusus pengguna aplikasi Tokopedia di Android. Inovasi yang dihadirkan Tokopedia sejalan dengan kemajuan dan tren teknologi di tahun ini. Fitur-fitur baru Tokopedia yang bisa digunakan oleh pengguna Android ini disesuaikan dengan kebutuhan serta gadget yang digunakan pengguna.

Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia menjelaskan, inovasi ini dibuat agar semua kalangan masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi Tokopedia tanpa memakan ruangan penyimpanan yang besar. "Kami ingin memastikan bahwa setiap masyarakat yang menggunakan Android, bisa mengunduh aplikasi kita dengan cepat tanpa memakan kuota dan memakan penyimpanan ruang. Kami tidak mau masyarakat mengalami kendala ruang penyimpanannya terbatas. Karena itu kami menghadirkan fitur tersebut,” kata Rico.

Dynamic Feature

Mengacu pada berbagai smartphone yang digunakan pengguna, fitur terbaru Tokopedia dirancang kompatibel untuk pengguna smartphone baik dengan kapasitas yang besar ataupun kapasitas yang sedang. Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna, sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android. Fitur ini mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB. 

Dalam praktiknya, pengguna yang tidak memiliki toko di Tokopedia tidak akan mendapatkan fitur seputar penjualan untuk menghemat ruang penyimpanan. Sebaliknya, fitur ini dan fitur komplit lainnya akan dimiliki oleh pengguna yang memiliki toko. Fitur ini akan bekerja secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu memilhnya secara mandiri. Dengan demikian, pengguna dapat lebih mengoptimalkan penyimpanan ponsel.