Chrome pastikan akan blok iklan menyebalkan

Oleh: Dommara Hadi S - Rabu, 20 Des 2017 09:56 WIB

Akhirnya Google menyebutkan tanggal pasti kapan merealisasikan ide yang pernah diutarakan pada bulan Juni lalu.

Mulai 15 Februari 2018, Google akan menghentikan penayangan iklan yang dianggap mengganggu dan tidak sesuai dengan situs yang bersangkutan. Mereka sebenarnya sudah mengumumkan rencana ini pada Juni 2017 lalu. Waktu itu, Google menjelaskan, akan menghentikan penayangan semua jenis iklan di situs-situs tertentu. Ini termasuk iklan yang bekerjasama dengan Google.

Setiap iklan yang tayang haruslah memenuhi kriteria dari Coalition for Better Ads. Google sendiri tergabung dalam koalisi tersebut. Jadi, mulai tahun depan, Google akan sangat memilah iklan yang layak tayang. Hal ini meliputi iklan berjenis pop-up, video otomatis, iklan dengan durasi waktu tertentu, ukuran iklan yang terlalu besar dan masih banyak lagi.

Dari hasil survei yang diumumkan Google pada Juni 2017 lalu, 69 persen pengguna memasang Ad Blocker. Alasannya karena terganggu dengan iklan di halaman situs tertentu. Google kini menyadari bahwa sebenarnya pengguna tidak membenci iklan. Hanya iklan yang mengganggu saja yang mereka benci. Contohnya, 85 persen pengguna mobile, mengaku menemukan iklan tertambat di bawah layar smartphone. Akibatnya, tiap kali mereka menggulirkan layar ke bawah, iklan itu tetap ikut.