Cara aman gunakan AirPods tanpa ganggu pendengaran

Oleh: Erlanmart - Senin, 20 Jan 2020 19:32 WIB

Suara keras dapat memengaruhi sel-sel rambut ini. Salah satu contoh untuk menjelaskan fenomena ini adalah konser musik.

Menurut data dari Nielsen Music, rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 32 jam per minggu untuk mendengarkan musik. Ini berarti sekitar 4,5 jam per hari. Tanpa banyak orang yang sadar, mendengarkan musik selama berjam-jam menggunakan earphone (misalnya, AirPods) dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Di sini akan menjelaskan solusi agar menghindari masalah pendengaran karena mendengarkan earphone sebagaimana dilansir dari The Next Web.

Kekuatan suara diukur dalam satuan desibel (dB). Jika kamu sedang berada di rumah, kebisingan rata-rata yang terdengar adalah sekitar 40 dB. Jika berada di luar, percakapan normal rata-rata adalah sekitar 60 dB. Sedangkan orang berteriak di dalam ruangan memiliki kekuatan suara sekitar 110 dB. Secara umum, kekuatan suara di atas 85 dB dinyatakan berbahaya.

Rata-rata orang memiliki 16.000 sel rambut di dalam telinga bagian dalam (koklea) yang memungkinkan otak mendeteksi suara. Suara keras dapat memengaruhi sel-sel rambut. Salah satu contoh untuk menjelaskan fenomena ini adalah konser musik. Setelah meninggalkan acara dengan suara begitu keras, orang-orang cenderung tidak dapat mendengar secara normal. Ini karena sel-sel rambut mereka telah “menekuk” dan bekerja terlalu keras.

Berikut adalah batas aman kekuatan suara yang dapat didengar menurut WHO:

- 75 dB: 127 jam/7 hari