Bug di Facebook Messenger, info chatting pribadi terungkap

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 08 Mar 2019 13:59 WIB

Bug tersebut memang tidak menunjukkan isi pesan, melainkan hanya untuk mengetahui dengan siapa Anda berkirim pesan di Messenger.

(Foto: Pexels)

Keamanan Facebook Messenger rupanya masih rentan dibobol. Imperva, perusahaan keamanan siber merinci kelemahan Facebook Messenger yang memungkinkan penjahat siber mengetahui dengan siapa Anda chatting di aplikasi

Bug tersebut memang tidak menunjukkan isi pesan, melainkan hanya bisa mengetahui dengan siapa Anda berkirim pesan di Messenger. Kendati demikian, praktik ini tentu saja melanggar privasi pengguna. 

Ron Masas, peneliti keamanan yang menemukan kerentanan Messenger ini mengatakan, "Itu bisa dikirim ke target berprofil tinggi untuk mengetahui dengan siapa mereka berbincang... Jika Anda mengirim pesan ke bot untuk memesan pizza, saya akan mengetahuinya,"

Menanggapi hal ini, Facebook menyatakan telah memperbaiki bug itu pada Desember lalu. Kendati begitu masih ditemukan bug di Messenger web, bukan pada aplikasinya. 

"Masalah dalam laporan itu berasal dari cara browser web menangani konten yang tertanam di halaman web dan tidak secara khusus ke Facebook," ujar juru bicara Imperva.