Bertemu KPAI, Tik Tok janji main syantik

Oleh: Erlanmart - Senin, 09 Jul 2018 16:26 WIB

KPAI adakan pertemuan dengan manajemen Tik Tok agar ada perbaikan dalam aplikasi guna menghasilkan konten ramah anak.

Mengantisipasi kejadian pada konten aplikasi Tik Tok yang sempat viral, hari ini (9/7), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengadakan pertemuan dengan manajemen aplikasi tersebut guna memastikan pengguna (terutama anak-anak) tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif di dunia maya.

Pertemuan kali ini diadakan dalam rangka membangun Tik Tok yang ramah anak. Hal ini disebutkan oleh Ketua KPAI, Susanto, agar aplikasi ini ke depannya menjadi lebih baik. “Pertemuan ini sangat penting, karena pengguna Tik Tok di Indonesia sangat banyak sekitar 5 juta orang,” kata susanto.

Dewasa ini, kita tidak mungkin memisahkan anak-anak dari gadget. Oleh karena itu, seluruh platform harus menghadirkan konten positif agar anak-anak tidak terjerumus ke sesuatu yang tidak dibenarkan.

“Kita ingin mengajak bersama Kominfo agar bersama-sama untuk menghasilkan konten positif,” kata Komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime, Margaret Aliyatul Maimunah.

Meski konten-konten yang ada di Tik Tok itu muncul dari para penggunanya (user-generated), manajemen aplikasi ini juga harus bertanggung jawab untuk menghadirkan konten mendidik. KPAI menginginkan Tik Tok sama-sama membersihkan seluruh konten berbau negatif serta memiliki dampak berkepanjangan.