Awas! 9 Aplikasi di App Store ini berisi spam iklan

Oleh: Litalia Putri - Senin, 03 Okt 2022 08:04 WIB

Meski Apple telah berupaya untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya, peneliti keamanan menemukan adanya 9 aplikasi adware yang berada di App Store.

Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang berkomitmen dalam perlindungan privasi dan keamanan pengguna mereka. Upaya yang dilakukan raksasa teknologi ini salah satunya dengan menghadirkan sistem khusus ke dalam toko aplikasi App Store. 

App Store diklaim mempunyai kemampuan untuk menangkal berbagai aplikasi berbahaya yang berisi malware, adware hingga scam. Namun, kini Apple tampaknya harus lebih meningkatkan perlindungan yang terdapat di layanan toko aplikasi milik mereka. 

Hal ini dikarenakan munculnya sebuah laporan terbaru yang mengatakan adanya aplikasi adware yang masuk ke dalam sistem layanan toko aplikasi App Store. Dilansir dari MacRumors (2/10), aplikasi ini ditemukan oleh tim keamanan HUMAN’s Satori Threat Intelligence. 

Perlu diketahui, aplikasi adware sendiri merupakan aplikasi yang dirancang untuk menghasilkan pendapatan dengan meniru aplikasi yang telah resmi. Aplikasi adware ini akan menampilkan banyak iklan (spam) kepada pengguna perangkat iPhone. 

Berdasarkan penemuan dari peneliti keamanan tersebut, aplikasi seluler yang terdapat di App Store ini merupakan bagian dari kampanye penipuan iklan yang disebut ‘Scylla’. Para peneliti menyebut, ini merupakan gelombang ketiga dari operasi penipuan yang terdapat di aplikasi seluler.