Apple bakal luncurkan MacBook dengan prosesor ARM tahun 2021

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 24 Apr 2020 09:33 WIB

Dalam sebuah laporan terbaru dari Bloomberg, jika pengembangan prosesor bersama TSMC berjalan dengan mulus, Apple akan luncurkan MacBook dengan prosesor ARM 2021 mendatang.

Ilustrasi MacBook (Pixabay)

Selama beberapa bulan terakhir ini, Apple dikabarkan sedang mempersiapkan jajaran produk baru untuk tahun 2021. Kabar yang paling mengejutkan adalah di mana mereka sedang mempersiapkan jajaran laptop dan desktop baru yang akan menggunakan prosesor mereka sendiri.

Perusahaan asal Cupertino tersebut dilaporkan berencana untuk membuat tiga prosesor Mac yang didasarkan pada prosesor Bionic A14. Mereka akan menggandeng TSMC untuk membangun prosesor tersebut.

Wccftech (24/3/2020) melaporkan, Bloomberg menyebut jika semua hal berjalan sesuai dengan rencana, perangkat keras pertama yang menampilkan desain baru dilaporkan akan dijual tahun depan. Ini merupakan sebuah hal yang menarik untuk diperhatikan.

Akan tetapi, perpindahan Apple dari prosesor Intel ke prosesor milik mereka sendiri akan sulit, meskipun chip pertama yang dirancang Apple pertama akan memiliki 12 core. Prosesor tersebut akan memiliki delapan inti core 'Firestorm' berkinerja tinggi dan empat core 'Icestorm' yang hemat energi.

Chip ini akan didasarkan pada arsitektur ARM, bukan x86. Seperti diketahui, selama ini Microsoft sangat kesulitan dalam rangka membuat sistem operasi yang dapat menjalankan aplikasi X86 di prosesor ARM.