sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
Jumat, 24 Apr 2020 09:33 WIB

Apple bakal luncurkan MacBook dengan prosesor ARM tahun 2021

Dalam sebuah laporan terbaru dari Bloomberg, jika pengembangan prosesor bersama TSMC berjalan dengan mulus, Apple akan luncurkan MacBook dengan prosesor ARM 2021 mendatang.

Apple bakal luncurkan MacBook dengan prosesor ARM tahun 2021
Ilustrasi MacBook (Pixabay)

Selama beberapa bulan terakhir ini, Apple dikabarkan sedang mempersiapkan jajaran produk baru untuk tahun 2021. Kabar yang paling mengejutkan adalah di mana mereka sedang mempersiapkan jajaran laptop dan desktop baru yang akan menggunakan prosesor mereka sendiri.

Perusahaan asal Cupertino tersebut dilaporkan berencana untuk membuat tiga prosesor Mac yang didasarkan pada prosesor Bionic A14. Mereka akan menggandeng TSMC untuk membangun prosesor tersebut.

Wccftech (24/3/2020) melaporkan, Bloomberg menyebut jika semua hal berjalan sesuai dengan rencana, perangkat keras pertama yang menampilkan desain baru dilaporkan akan dijual tahun depan. Ini merupakan sebuah hal yang menarik untuk diperhatikan.

Akan tetapi, perpindahan Apple dari prosesor Intel ke prosesor milik mereka sendiri akan sulit, meskipun chip pertama yang dirancang Apple pertama akan memiliki 12 core. Prosesor tersebut akan memiliki delapan inti core 'Firestorm' berkinerja tinggi dan empat core 'Icestorm' yang hemat energi.

Chip ini akan didasarkan pada arsitektur ARM, bukan x86. Seperti diketahui, selama ini Microsoft sangat kesulitan dalam rangka membuat sistem operasi yang dapat menjalankan aplikasi X86 di prosesor ARM.

Meski demikian, Apple berencana untuk tidak membuat produk yang menggunakan prosesor mereka untuk bersaing dengan produk yang menggunakan prosesor Intel high-end. Mereka sepertinya akan lebih fokus membuat laptop berdaya rendah, yang kemungkinan merupakan penerus MacBook 12 inci yang memiliki prosesor low-end Intel Broadwell Core M.

Tantangan lain adalah bagaimana mereka dapat menjalankan aplikasi macOS di prosesor tersebut, karena mereka akan tetap menggunakan OS tersebut di perangkat yang menggunakan prosesor berbasis ARM.

Seperti diketahui, ini bukan pertama kalinya rumor mengenai kehadiran laptop tersebut mencuat. Bulan lalu, analis Ming-Chi Kuo membuat prediksi yang sama. Beberapa pihak pun optimis Apple dapat mewujudkannya. Hal ini dikarenakan, Apple sudah berhasil membuat perangkat yang menggunakan prosesor PowerPC yang diproduksi IBM berjalan di perangkat yang menggunakan chip x86 Intel.

Share
×
tekid
back to top