Apa sih keunggulan WiFi 6?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 22 Mei 2019 10:38 WIB

Para pengamat mengatakan bahwa teknologi WiFi 6 baru akan mengalami traksi pada awal atau akhir 2020 mendatang.

WiFi 6

Dewasa ini, penggunaan perangkat yang terhubung ke internet semakin banyak. Hal ini membuat para pengguna jaringan, baik di rumah maupun di kantor menggunakan tidak hanya satu router saja.

Hal ini membuat tabrakan jaringan WiFi yang berdampak menurunnya kualitas pengiriman dan penerimaan WiFi. Meski saat ini dengan menggunakan WiFi 5GHz dapat mengurangi dampak tersebut, namun penggunanya terus meningkat.

Di sinilah WiFi 6 kemudian dikenalkan. Ya, jaringan yang juga dikenal sebagai 802.11ax menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik. Standar WiFi baru ternyata memiliki kecepatan antara empat hingga sepuluh kali lebih cepat dari 802.11ac.

Namun, ini hanyalah teori saja. Di dunia nyata, penggunaan WiFi 6 tampaknya hanya akan meningkatkan kecepatan sekitar 50 persen saja dari perangkat router terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Tapi, hal ini bukan merupakan sebuah masalah yang terlalu buruk. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan WiFi 6, untuk pertama kalinya pengguna akan mendapatkan akses kecepatan transfer data Gigabit.