8 situs gratis untuk belajar online dari rumah 

Oleh: Dinda Rahmawati - Selasa, 29 Sep 2020 07:21 WIB

Masih ada cara yang bisa dilakukan oleh guru dan murid serta mahasiswa dalam mencari referensi materi pembelajaran selama belajar online dari rumah. Berikut ulasannya.

Di masa pandemi seperti ini, tenaga pengajar dan pelajar menjalankan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Namunn tak sedikit dari mereka mengalami kendala pada saat pembelajaran jarak jauh, mulai dari materi yang terbatas sampai dengan kendala teknis. Kendala yang sama juga dialami oleh para mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Padahal, mereka membutuhkan referensi seperti buku-buku dan jurnal ilmiah, yang menjadi bahan utama dalam penyusunan skripsi. Pasalnya saat ini beberapa perpustakaan ditutup untuk sementara waktu.

Namun demikian, masih ada cara yang bisa dilakukan oleh guru dan murid serta mahasiswa dalam mencari referensi materi pembelajaran, salah satunya menggunakan referensi yang tersedia secara online. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum situs gratis yang memuat referensi materi pembelajaran dan kebutuhan penelitian dari berbagai negara.

1.    MERLOT.org

Merlot merupakan singkatan dari Multimedia Educational Resource for Learning and Online Teaching. Merlot merupakan situs yang memuat materi untuk bahan pengajaran baik bagi guru maupun untuk murid. Merlot sendiri berbasis open knowledge, yang mana bahan-bahan dari materi tersebut bisa didapatkan secara gratis dari berbagai sumber. Modul dari materi yang diberikan bentuknya beragam, salah satunya bentuk modul yang seperti buku dengan visual yang menarik.