sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
Selasa, 29 Sep 2020 07:21 WIB

8 situs gratis untuk belajar online dari rumah 

Masih ada cara yang bisa dilakukan oleh guru dan murid serta mahasiswa dalam mencari referensi materi pembelajaran selama belajar online dari rumah. Berikut ulasannya.

8 situs gratis untuk belajar online dari rumah 

Di masa pandemi seperti ini, tenaga pengajar dan pelajar menjalankan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Namunn tak sedikit dari mereka mengalami kendala pada saat pembelajaran jarak jauh, mulai dari materi yang terbatas sampai dengan kendala teknis. Kendala yang sama juga dialami oleh para mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Padahal, mereka membutuhkan referensi seperti buku-buku dan jurnal ilmiah, yang menjadi bahan utama dalam penyusunan skripsi. Pasalnya saat ini beberapa perpustakaan ditutup untuk sementara waktu.

Namun demikian, masih ada cara yang bisa dilakukan oleh guru dan murid serta mahasiswa dalam mencari referensi materi pembelajaran, salah satunya menggunakan referensi yang tersedia secara online. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum situs gratis yang memuat referensi materi pembelajaran dan kebutuhan penelitian dari berbagai negara.

1.    MERLOT.org

Merlot merupakan singkatan dari Multimedia Educational Resource for Learning and Online Teaching. Merlot merupakan situs yang memuat materi untuk bahan pengajaran baik bagi guru maupun untuk murid. Merlot sendiri berbasis open knowledge, yang mana bahan-bahan dari materi tersebut bisa didapatkan secara gratis dari berbagai sumber. Modul dari materi yang diberikan bentuknya beragam, salah satunya bentuk modul yang seperti buku dengan visual yang menarik.

Situs gratis belajar online

2.    Scholastic

Scholastic sebenarnya adalah perusahaan penerbit yang terkenal untuk anak-anak dan sebagai media untuk pendidikan, yang sudah ada di lebih dari 165 negara termasuk Asia. Di Scholastic sendiri, tersedia berbagai bahan yang berbayar dengan harga yang variatif. Namun demikian, Scholastic juga menyediakan materi yang gratis. 

Situs ini juga akan membantu orang tua untuk membimbing pembelajaran anak-anak mereka melalui online class dengan materi yang menarik. Untuk para guru preschool sampai primary school, situs ini akan membantu sebagai referensi pembelajaran online

3.    OER Commons

OER Commons secara umum adalah situs seperti perpustakaan digital yang memuat banyak materi seperti sejarah, matematika, science, dan lain sebagainya. Bahan materi dari OER Commons tersedia secara gratis serta memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan kelas atau tingkatan pelajar maupun guru. 

Di dalam OER Commons sendiri terdapat komunitas yang memungkinkan pengguna untuk bertanya atau menjawab materi tertentu. Situs ini juga banyak menyediakan berbagai macam kategori subjek yang bisa disesuaikan bagi pelajar, mulai dari preschool sampai untuk umum. 

4.    OpenStax

Situs OpenStax merupakan bagian dari Rice University, sebagai bentuk charity untuk memberikan dukungan pembelajaran yang profesional secara online dengan akses mudah dan gratis. Materi yang ada di situs ini digunakan secara khusus untuk pelajar dan pengajar SMA serta mahasiswa. 

Situs gratis belajar online

5.    Adolescent Literacy

Situs dari AdLit.org ini merupakan situs pembelajaran untuk murid-murid mulai dari kelas 4 hingga kelas 12 dan juga untuk para guru. Situs ini tidak hanya mencakup artikel ataupun tulisan mengenai materi pembelajaran, melainkan ada fitur untuk video multimedia dan juga webcast untuk membantu memahami materi secara visual. Materi yang disediakan pun bisa diakses oleh publik secara gratis. 

6.    Open Learn

Situs dari open.edu ini merupakan salah satu situs kursus untuk pembelajaran online. Situs ini memberikan banyak materi dari berbagai mata pelajaran, mulai dari sejarah Yunani kuno sampai dengan politik modern Ada pula materi mengenai mental health bisa didapatkan di situs ini.

Materinya juaga dilengkapi video untuk mempermudah penjelasan materi secara visual. Penggunaannya bisa digunakan secara online maupun offline. Jika ingin menggunakan offline, terdapat empat pilihan jenis file untuk diunduh berupa Word, Kindle, PDF, dan ePub secara gratis.

Situs gratis belajar online

7.    Directory of open access journals (Doaj.org)

Doaj.org merupakan database untuk jurnal terbuka, yang mencakup sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, dan lain sebagainya. Sudah terdapat 12.000 jurnal yang dapat diakses oleh pengguna di doaj.

Untuk para mahasiswa, situs ini akan sangat membantu dalam mencari referensi penelitian dari jurnal luar negeri yang kredibel dan gratis. Cukup dengan menulis kata kunci dari penelitian yang ingin dicari dan doaj akan menampilkan berbagai jenis penelitian dari berbagai sumber dan tahun. 

8.    Google Scholar

Google scholar merupakan fitur yang disediakan oleh Google untuk penggunanya dalam mencari jurnal ilmiah ataupun artikel dari sumber yang kredibel untuk penelitian dan sejenisnya.

Dibandingkan dengan situs yang lain, Google scholar lebih mudah digunakan, tetapi sayangnya tidak semua jurnal atau artikel yang ditampilkan di Google scholar lengkap dan open access. Beberapa artikel atau jurnal dari luar negeri yang gratis lebih sulit ditemukan di Google scholar, tetapi untuk jurnal dalam negeri, menggunakan Google scholar akan lebih mudah.

Adanya situs-situs edukasi gratis seperti di atas, dapat membantu pembelajaran online, dengan menggunakan materi yang beragam. Baik guru maupun murid, bisa mendapatkan ilmu yang lebih luas lagi melalui berbagai macam sumber baik di luar negeri dan di dalam negeri.

Share
×
tekid
back to top