5 cara optimalkan ruang penyimpanan di Google Drive

Oleh: Dinda Rahmawati - Senin, 28 Sep 2020 07:31 WIB

Ada trik yang bisa digunakan agar Anda tetap dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan di Google Drive. Berikut ulasannya.

Source: Pexels

Google Drive menjadi salah satu cloud storage terbaik dan sering digunakan oleh pengguna. Google Drive juga memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis ke setiap pengguna. Penggunaan Google Drive terbilang sangat mudah. Jika Anda sudah memiliki Gmail, Anda bisa mengakses semua layanan Google dengan email tersebut termasuk Google Drive. 

Untuk sebagian besar pengguna, ruang penyimpanan yang disediakan Google Drive sudah cukup besar. Namun tidak sedikit pengguna yang merasa ruang penyimpanan gratis yang diberikan Google tidak cukup. Untuk mengatasi hal tersebut, ada trik yang bisa digunakan agar Anda tetap dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan di Google Drive. Berikut trik optimalkan penyimpanan Google Drive yang Tek.id rangkum untuk Anda.

1.    Hapus lampiran yang besar di Gmail

Mungkin sebagian besar pengguna tidak mengetahui atau tidak menyadari hal ini. Sebenarnya, semua email dan attachment yang masuk pada Gmail Anda akan terhitung di Google Drive. Ini tentu saja akan memakan ruang penyimpanan.

Untuk menghapus email serta attachments yang tidak penting ikuti cara berikut ini. Pertama bukan Gmail Anda, kemudian klik tanda panah kebawah di kolom search.