5 aplikasi video pendek terpopuler di Indonesia

Oleh: Erlanmart - Jumat, 10 Sep 2021 16:38 WIB

Data dari We Are Social dan Hootsuite menunjukkan sebanyak 98,6% pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat berbagai konten video online.

Source: Pixabay

Semakin banyak aplikasi media sosial yang bermunculan. Ini tidak lepas karena teknologi yang semakin berkembang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite, di tahun 2021 terdapat lebih dari 10 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia.

Saat ini, platform media sosial yang sedang berkembang pesat adalah aplikasi video berdurasi pendek yang memungkinkan kita untuk berbagi serta menikmati berbagai konten hiburan dan edukasi. Data dari We Are Social dan Hootsuite juga menunjukkan sebanyak 98,6% pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat berbagai konten video online.

Oleh karena itu, tidak heran jika platform video pendek menjadi semakin populer di Indonesia. Dari sekian banyak media sosial dengan format video pendek yang jadi pilihan, berikut adalah 5 platform yang paling populer di Tanah Air.

1. TikTok

Platform berbagi video pendek keluaran Bytedance ini masih menjadi pembicaraan masyarakat di seluruh dunia, dengan total 10 juta pengguna aktif di Indonesia dan 732 juta pengguna aktif di dunia. TikTok memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai konten video pendek instan dengan menggunakan berbagai fitur di dalamnya seperti pengeditan, efek, filter, teks, musik, emoji sticker, dan masih banyak lagi.